Friday, June 15, 2012

FIFA Sukses karena tiru PES????

Persaingan antara Konami dengan Electronic Arts (EA) kian memanas. Bahkan dalam sebuah kesempatan, Konami mengatakan bahwa game sepakbola FIFA hanya bisa mengekor dari seri Pro Evoluition Soccer (PES) yang sudah lama dikembangkan.

Memang, belakangan seri FIFA mulai menggoyang dominasi PES yang sudah bertahan semalam bertahun-tahun. Namun menurut Jon Murphy selaku pemimpin pengembangan seri PES, sejak pertama lahir FIFA tak lebih dari tiruan PES saja.

"FIFA punya sejarah panjang meniru PES untuk mencapai di posisi mereka sekarang," kata Murphy, seperti dikutip detikINET dari digital spy, Jumat (15/6/2012).

Untuk membuktikan klaimnya itu, Murphy pun tak segan membeberkan apa saja yang ditiru FIFA dari PES, terutama soal sistem permainan dan fitur yang diunggulkan.

"Contohnya, sekarang ini mereka (FIFA-red.) selalu berbicara tentang artificial intelligence (AI) dan gameplay sebagai kekuatan utama dalam game, dan itu sudah kami lakukan sejak tahun lalu. Saya yakin ini bukan kebetulan," tegas Murphy.

Pun begitu, mau tidak mau Murphy harus mengakui keberhasilan FIFA di ranah game sepakbola. Tapi itu bukan karena FIFA lebih baik, melainkan karena faktor lisensi pemain yang tak bisa dikuasai oleh PES.

Selain itu Murphy juga menganggap bahwa pencapain FIFA saat ini tak lepas dari promosi dan budget marketing yang tak sanggup ditandingi Konami.

"Satu-satunya alasan FIFA ada di posisi tersebut adalah karena PES, dan bukan berarti mereka akan selamanya berada di sana," tandas Murphy.




(sumber)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger