Friday, August 24, 2012

Review + Highlights/Cuplikan: Barcelona 3-2 Real Madrid

Para pemain Barcelona merayakan gol Messi. © AFP
Duel spektakuler El Clasico jilid pertama musim ini menjadi milik Barcelona. Barca menundukkan sang rival Real Madrid dengan skor 3-2.

Juara Copa del Rey Barcelona dan jawara La Liga musim lalu Real Madrid bertemu di Camp Nou untuk melakoni leg pertama Supercopa de Espana, Jumat (24/8). Tanpa gol di babak pertama, laga memanas setelah jeda. Lima gol tercipta. Tiga untuk Barcelona dan dua untuk Madrid.

Di tengah dominasi tuan rumah, Cristiano Ronaldo membawa Madrid unggul terlebih dahulu. Barcelona lalu membalas dan membalikkan skor besar-besaran lewat Pedro Rodriguez, penalti Lionel Messi dan finishing kapten Xavi. Akan tetapi, gol Angel Di Maria memanfaatkan blunder kiper Victor Valdes membuat selisih skor kembali menjadi satu angka.

Dalam duel ulangan 2011 ini, pelatih Barcelona Tito Vilanova menurunkan starting eleven yang cukup berbeda daripada ketika melumat Sociedad 5-1 di pentas liga akhir pekan kemarin. Vilanova mencadangkan Puyol, Jordi Alba dan Cristian Tello. Sebagai gantinya, dia menurunkan Gerard Pique, Adriano dan Alexis Sanchez. Rekrutan baru Alexandre Song tidak masuk skuad, jadi masih harus menunggu untuk menjalani debutnya.

Setelah kehilangan poin maksimal karena ditahan imbang Valencia, pelatih Madrid Jose Mourinho melakukan empat perubahan pada skuadnya. Raul Albiol mengantikan Pepe yang cedera, sementara Sami Khedira, Jose Callejon dan Karim Benzema menggantikan Lassana Diarra, Angel Di Maria serta Gonzalo Higuain.

Atmosfer panas khas Clasico langsung terasa begitu wasit Carlos Clos Gomez‎  meniupkan peluit tanda kick-off. Dimotori Xavi dan Iniesta, lini tengah Barcelona menunjukkan dominasinya terhadap duet Alonso dan Khedira.

Paruh pertama mutlak menjadi milik Barcelona dengan keunggulan mereka dalam hal penguasaan bola (72% berbanding 28%). Madrid sampai dipaksa bertahan sepihak sambil sesekali berusaha mencoba melancarkan serangan balik. Akan tetapi, tidak ada gol tercipta hingga jeda.

Ketika Ronaldo, Ozil dan Benzema di lini depan Madrid hanya sanggup melepaskan beberapa tembakan, Messi, Pedro, Alexis, Xavi dan Iniesta setidaknya berkali-kali mengancam gawang Casillas.

Madrid, yang tertekan sepanjang babak pertama dan barisan belakangnya yang digalang Ramos serta Albiol sibuk menghadang rentetan serangan Barcelona, justru membuka skor hanya 10 menit sejak kick-off babak kedua lewat sundulan Ronaldo memanfaatkan tendangan penjuru Ozil. Itu adalah shot on goal pertama Madrid di laga ini.

Barca terpukul, tapi langsung bangkit. Semenit berselang, bola panjang dari Mascherano ke jantung pertahanan Madrid dikejar dan dikonversi Pedro menjadi gol penyama kedudukan.

Beberapa menit kemudian, Barcelona balik memimpin lewat eksekusi penalti Messi setelah wasit menilai Ramos melakukan pelanggaran terhadap Iniesta di area terlarang.

Keunggulan Barcelona bertambah delapan menit kemudian ketika Iniesta memberikan operan ke depan gawang Casillas yang diselesaikan dengan sempurna oleh Xavi tanpa bisa dihentikan oleh kiper dan kapten Madrid tersebut.

Skor kembali menipis ketika pada menit 85 Valdes melakukan blunder dan membuat Di Maria leluasa mencetak gol kedua Madrid.

Barcelona dan Madrid akan bersua lagi di Santiago Bernabeu, Kamis (30/8), untuk melakoni duel leg kedua sekaligus menentukan peraih titel Supercopa de Espana.

Barcelona: Valdes; Alves, Pique, Mascherano (kuning 45'), Adriano; Xavi (gol 78') (Fabregas 83'), Busquets, Iniesta; Pedro (gol 56') (Alba 87'), Messi (gol penalti 70'), Alexis (Tello 72').
Cadangan: Pinto, Puyol, Alba, Roberto, Tello, Fabregas, Villa.

Madrid: Casillas; Arbeloa (kuning 44'), Albiol (kuning 51'), Ramos, Coentrao; Alonso (kuning 11'), Khedira; Callejon (Di Maria 66' - gol 85'), Ozil (Marcelo 82'), Ronaldo (gol 55'); Benzema (Higuain 61').
Cadangan: Adan, Varane, Marcelo, Diarra, Granero, Di Maria, Higuain.

Statistik Barcelona - Madrid
Gol: 3 -2
Shots: 16 - 7
Shots on goal: 6 - 2
Penguasaan bola: 70% - 30%
Pelanggaran: 13 - 13
Corner: 7 - 7
Offside: 4 - 2
Kartu kuning: 1 - 3
Kartu merah: 0 - 0
Penyelamatan: 0 - 3.


Berikut Highlights/Cuplikannya:



(bola.net/goalsarena)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger