Friday, May 24, 2013

Kisah Gadis Leukimia yang Diberi 50 Jenis Obat untuk Bertahan Hidup

Ellie Thompson (dok: Daily Mail)
 Ellie Thompson (11) didiagnosis leukemia sejak tahun 2011. Total obat yang diberikan padanya ada sekitar 50 jenis. Hingga keluarganya membuat jadwal minum obat dan dituliskan di papan tulis yang diletakkan di ruang makan rumahnya.

Gadis ini didiagnosa lymphoblastic leukemia akut pada Februari 2011 setelah ia gagal pulih dari infeksi dada. Saat diberitahu hal tersebut, ibu Ellie, Lindsey (33), sangat hancur. Begitu juga dengan ayah dan saudara Ellie, Carl (38) dan Josh (8). 

Namun Ellie tidak menyerah, ia tetap berjuang untuk bertahan hidup dan melawan penyakitnya selama 2 tahun di Sheffield Children’s Hospital, seperti dilansir dari Daily Mail, Jumat (24/5/2013).

Selama melakukan pengobatan di rumah sakit, Ellie diberikan hampir 50 jenis obat berbeda oleh dokter. Obat-obatan yang diberikan ini termasuk obat minum dan obat salep. Selain minum obat-obatan tersebut, ia juga masih harus melakukan pengobatan kemoterapi yang melelahkan.

Karena jumlah obatnya yang cukup banyak ini, keluarganya memasang papan tulis besar di dinding ruang makan. Papan tulis ini dituliskan jadwal rinci, lengkap dengan nama setiap jenis obat, dosis yang dibutuhkan, dan berapa kali diminum per harinya. 

Untuk tetap menjaga kesehatan ginjalnya, ia harus menjaga konsumsi air putihnya agar ia tetap terhidrasi. Pola minum ini juga sangat penting dan ikut dituliskan di papan tulis tersebut. Dengan cara ini, pola minum obat dan minum air putihnya terjaga dengan baik. 

Lindsey mengatakan bahwa ada satu tahap di mana Ellie harus minum 11 pil obat dalam sekali minum. Saat itu, ia juga harus menempatkan semua obat tersebut pada satu sendok agar bisa sekaligus diminum.

"Kami membuat jadwal secara mingguan sebab jenis obat yang ia minum tidak sama setiap hari. Kami khawatir salah memberinya obat," imbuh Lindsey.

Hal lain yang dikhawatirkan adalah banyaknya kemoterapi yang harus Ellie jalani. Kemoterapi ini menurunkan sistem kekebalan tubuhnya dan membuatnya sangat rentan terhadap semua jenis infeksi dan penyakit.

Setelah melewati 2 tahun pengobatan, kondisi Ellie kini sudah membaik. Meskipun ia sudah bisa menjalani aktivitas sehari-harinya, menurut dokter ia tetap harus melakukan check-up untuk beberapa tahun ke depan.

"Setelah semua perjuangannya, dengan segala macam jenis obat yang ia minum, kini Ellie sudah bisa melakukan apa yang ia senangi. Kami sangat bahagia," imbuh Lindsey.


(okezone)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger