Sunday, May 26, 2013

Wow, pria ini jalani operasi otak sambil main gitar

(Foto: UCLA health)
Parkinson adalah penyakit saraf yang membuat penderitanya mengalami tremor ataupun gangguan fungsi motorik lain. Untuk mengobatinya, dokter bisa menanamkan alat pacu otak lewat operasi. Uniknya, baru-baru ini seorang pasien yang tengah menjalani operasi tersebut malah asik bermain gitar.

Untuk merayakan operasi penanaman implan alat pacu otak yang ke-500, tim dokter dari University of California, Los Angeles (UCLA) mengumumkan akan menampilkan teknik operasi bedahnya kepada penonton secara online. Pengumuman ini disebarkan via Facebook oleh dr Nader Pouratian.

Dalam operasi tersebut, yang menjadi pasien adalah seorang pria berusia 39 tahun bernama Brad Carter. Selama dokter mengoperasi otaknya, aktifitas yang dilakukan dokter dan pasien akan direkam dan dimuat di sosial media dengan platform Vine dan Instagram.

Lewat akun @UCLAHealth, tim medis dari UCLA memposting foto-foto operasi otak dengan hashtag #UCLAORLive sejak pukul 06:24 pagi hari Kamis, 23 Mei 2013 lalu. Postingan pertama dimulai dengan foto Carter berseru kepada keluarganya sebelum operasi dimulai, lalu dia memilih lagu yang akan dimainkan.

"Saya mungkin akan memilih beberapa lagu asli. Salah satunya yang berjudul 'Drunk Again'," kata Carter seperti dilansir Medical Daily, Minggu (26/5/2013).

Dalam postingan tersebut, dijelaskan rentetan prosedur operasi. Pertama-tama, ahli bedah mengiris kulit dan mengebor tengkorak untuk melihat bagian otak yang akan dipasangi implan. Ketika tengah menyiapkan implan elektroda, Carter bangun. Dia kemudian memainkan lagu dengan gitarnya.

Untuk mengetahui apakah penempatan alat pacu sudah benar, ahli bedah memberikan rangsangan pada otak Carter. Hasilnya, dokter melihat tremor yang dialami Carter sudah mulai menunjukkan perbaikan. Saat operasi mendekati akhir, Carter sekali memainkan gitarnya. Dan pada pukul 12:45, operasinya selesai.

Dengan live tweet operasi otak ini, ahli bedah UCLA telah membuat sejarah Internet sebagai tim medis pertama yang memposting secara langsung prosedur implantasi otak.

Diperkirakan, sebanyak 10 juta orang AS menderita tremor dan lebih dari 1 juta orang di sana mengidap Parkinson. Tujuan utama penyiaran operasi secara langsung ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap alat pacu otak sebagai pengobatan penyakit Parkinson.

Alat pacu otak berfungsi untuk mengendalikan gangguan saraf, salah satu gangguan yang dialami pasien Parkinson. Dengan teknik yang disebut stimulasi otak dalam, alat pacu jantung menghasilkan gelombang yang dapat menghentikan tremor, gejala khas penyakit Parkinson.



(okezone)


No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger