Saturday, February 21, 2015

Ciri-ciri susu yang tidak layak dikonsumsi

SELAIN memiliki rasa lezat, susu juga sumber protein yang tinggi, sehingga baik bagi kesehatan. Namun, susu ternyata minuman yang mudah menjadi busuk hingga tidak bisa dikonsumsi lagi. Karena itu, kenali tanda-tanda apakah susu yang dimiliki masih bagus diminum atau tidak.
Saat ini jenis susu yang beredar di pasaran sangat beragam, mulai susu segar, susu ultra high temperature (UHT), susu kental manis, dan lainnya. Susu merupakan satu produk yang sangat mudah rusak atau basi, maka itu diperlukan beberapa cara untuk menghindari konsumsi susu yang sudah basi atau tidak layak konsumsi.
Susu segar yang sudah dibuka dan ditempatkan dalam wadah, misalnya gelas, hanya akan awet paling lama dua jam. Berikut ini ciri-ciri yang menandakan susu sudah tidak lagi segar dan tentunya tak layak dikonsumsi. Hal tersebut sebagaimana Okezone rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (21/2/2015).
Aroma dan Rasa
Susu yang sudah tidak segar akan menimbulkan aroma yang tak sedap, biasanya tercium bau basi. Selain itu, rasa susu juga tidak enak dan terasa asam. Rasa ini timbul akibat bakteri yang berkembang di dalam susu. Hal tersebut berbeda dengan produk olahan susu seperti yoghurt yang memang memiliki rasa asam namun berbeda dengan asam susu basi.
Tampak Menggumpal
Susu yang bagus dan masih segar memiliki tekstur cair dan tidak ada gumpalan. Sebaliknya, jika susu terlihat menggumpal dan memisah, itu tandanya sudah basi dan sebaiknya jangan diminum atau dibuat olahan.
Produk Susu Kental Manis
Pada produk susu kental manis secara alami akan mengalami perubahan warna dan kekentalan, namun masa simpan susu ini termasuk cukup lama. Susu jenis ini masih aman dikonsumsi meski warna dan kekentalannya berubah warna menjadi agak pekat dan lebih kental. Susu kental manis masih aman dikonsumsi asalkan rasa dan aromanya masih normal.(ndr)



(okezone)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger