Thursday, December 13, 2012

6 Tips Hindari Stres Jelang UAS

Ilustrasi : Collegefashion.net
Kehidupan sebagai mahasiswa tidak melulu berisi kesenangan. Rasa stres kerap menghantui di berbagai kesempatan. Sebut saja saat menjelang Ujian Tengah Semester (UTS), Ujian Akhir Semester (UAS), kuis dadakan dari dosen, pembuatan skripsi, hingga detik-detik jelang sidang.
Menurut College Fashion, seperti dikutip Kamis (13/12/2012), terdapat beberapa tips untuk menghindari rasa stres yang datang menghampiri para mahasiswa. Apalagi bagi para mahasiswa yang mendekati masa UAS mereka.

Hindari orang stres
Sebenarnya, stres itu menular. Jadi, selama minggu UTS, UAS, atau menjelang sidang hindari belajar dengan teman-teman yang super tegang seperti Anda. Karena, bisa jadi stres yang mereka miliki dapat tertular kepada Anda dengan mudah.

Makan makanan sehat dan olahraga
Mungkin terdengar aneh dan tidak masuk akal, maka tidak heran jika banyak mahasiswa yang menganggapnya remeh. Daripada mengonsumsi gula, makanlah makanan yang sehat seperti sayur, buah, dan sereal untuk menjaga gula darah Anda tetap stabil. Jika Anda belajar dalam jangka waktu lama jangan lupa untuk mengonsumsi protein. Selain itu, lakukan beberapa olahraga sederhana dalam waktu yang singkat. Walaupun hanya berjalan selama 10 menit, efeknya akan membuat Anda lebih tenang dan fokus dalam belajar.
 
Katakan tidak
Bukan hanya kepada obat-obatan terlarang, tapi Anda juga harus berani mengatakan tidak kepada mereka yang ingin "mengambil" waktu belajar Anda. Tahan godaan untuk mendengarkan curhatan teman selama berjam-jam atau nongkrong bersama teman-teman sepulang kuliah hingga larut malam sampai minggu UTS, UAS, atau sidang berlalu. Katakan tidak untuk semua gangguan dan jadilah egois untuk satu hari. Anda menginginkan Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) yang baik bukan?

Paksakan diri untuk beristirahat
Setiap satu jam belajar, istirahatlah selama 10-15 menit untuk melakukan apa pun yang Anda inginkan seperti mengecek Facebook, membalas tweet teman di Twitter, atau ngobrol lewat Blackberry Messanger (BBM). Setelah istirahat, mulailah untuk belajar kembali. Istirahat singkat ini akan membantu otak Anda rehat sejenak serta membuat Anda lebih fokus dalam belajar bab baru.

Visualisasikan semua berjalan lancar
Bayangkan Anda sedang mengerjakan UTS atau UAS, maupun menghadapi sidang dan merasa percaya diri telah memahami semua materi dengan baik. Bayangkan Anda dapat menjawab semua pertanyaan dengan benar dan fokus bagaimana Anda merasa sangat rileks. Kemudian, bayangkan pula nilai A yang diberikan dalam skripsi maupun UAS Anda. Karena ketika Anda membayangkan akhir yang bahagia, sering kali itulah yang terjadi. Sebab, tanpa disadari Andalah yang membuat keputusan atas tindak yang mengarah pada happy ending tersebut.

Jika telah mempelajari semua yang Anda bisa, maka percaya dirilah!
Ketika waktu ujian tiba, inilah saat Anda harus memiliki rasa percaya diri. Jika Anda telah mempersiapkan diri sebaik mungkin maka sekarang saatnya Anda menghadapi ujian atau sidang itu. Lakukan apa pun yang dapat membuat Anda yakin dapat melakukan hal tersebut dan semuanya akan berjalan lancar.


(sumber)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger