Friday, December 21, 2012

Apakah Dunia Benar-Benar Akan Berakhir Hari Ini

Ilustrasi (Foto: 2012apocalypse)
CALIFORNIA - Apakah dunia akan benar-benar berakhir hari ini, 21 Desember 2012? Menurut beberapa kalangan, kalender suku Maya memprediksi bahwa itu akan terjadi.

Dilansir Machineslikeus, Jumat (21/12/2012), antropolog Larry Zimmerman dari Indiana University-Purdue University Indianapolis mendiskusikan teori terkait berakhirnya dunia dalam sebuah kelas di IUPUI. Diskusi tersebut bertajuk, "Suku Hilang, Benua Sunken dan Astronot Kuno: Pseudosains, Ilmu Retak, dan Masa Lalu".

"Kami mencakup prediksi akhir dunia, karena mereka begitu umum dalam sejarah manusia," ujar Zimmerman. Ia mengatakan, orang-orang yang percaya kiamat suku Maya mengklaim bahwa mereka tidak mengerti tentang sistem kalender suku Maya.

"Kalender Maya berdasarkan siklus 394 tahun bernama baktuns. Baktun ke 13 sejak tanggal kisah terciptanya Maya 5.126 tahun lalu yang berakhir di Jumat (hari ini). Lalu, kita baru saja memulai baktun ke 14," terangnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kiamat suku Maya ini diungkap oleh para penganut Zaman Baru, yang dahulu pernah diungkap di 1960an hingga 1970an. Industri turis yang diuntungkan dengan memanfaatkan momen tersebut, khususnya di Meksiko serta internet berperan besar dalam menyebarkan rumor tersebut.

Kesalahan informasi akhir dari dunia ini meliputi penggunaan kalender batu Aztec sebagai kalender suku Maya. Aztec dan Maya dipisahkan oleh dua geografi dan waktu.

Suku Maya tinggal di Yucatan, Guatemala, Belize, Honduras dan kebanyakan di Amerika Tengah. Sementara Aztec di Meksiko tengah dan berkembang sekira 1400 sampai 1600 masehi.

"Ya, suku Aztec memiliki kalender dan itu mirip dengan kalender Maya yang jauh lebih canggih. Akan tetapi, apa yang kami ketahui tentang kalender Maya tidak berasal dari kalender batu," pungkasnya.


(sumber)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger