Thursday, June 21, 2012

Anjing Bisa Cegah Asma!!!

mid-day.com
Mikroba yang tumbuh pada anjing peliharaan ternyata dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh dan mencegah asma pada anak. Memang terdengar agak aneh, namun itulah hasil penelitian terbaru.
Bayi yang terinfeksi parah respiratory syncytialvirus(RSV) atau virus yang menyerang sistem pernafasan memiliki peluang peningkatan penyakit asma. Studi terbaru itu menemukan bakteri dalam debu rumah dengan anjing mungkin memiliki efek protektif terhadap RSV.
"Temuan ini langkah pertama menuju penciptaan terapi untuk melindungi bayi terhadap RSV, karena itu mengurangi terjadinya asma dalam jangka panjang," kata Dr Kei Fujimura, ahli biologi molekuler di Universitas California, San Francisco dan yang mempresentasikan hasil temuannya pada Rapat Umum 112 dari American Society for Microbiologi.
Seperti dikutip dari msnbc, dalam penelitian sebelumnya menunjukkan komunitas bakteri dalam debu rumah tangga menjadi berbeda ketika rumah itu juga ditinggali seekor anjing. Anak yang hidup dengan anjing peliharaan memiliki kemungkina lebih rendah terserang asma.
Penelitian ini dengan mengumpulkan debu dari rumah yang memilihara anjing, dicampur dalam solusi dan diuji coba ke tikus percobaan. Setelah delapan hari, hewan-hewan ini diberi RSV. Respon kekebalan tubuh mereka dibandingkan dengan kelompok lain yang terinfeksi RSV dan tidak diberi debu adalah tetap sehat.
Tikus yang diberi debu rumah tidak mengalami peradangan dan produksi lendir gejala RSV.
"Dalam penelitian ini kami dapat memanipulasi biota mikro usus dan ini mempengaruhi respon kekebalan di paru-paru," kata Fujimura.
Fujimura mengatakan hasil ini mendukung hipotesis bahwa paparan hewan pada anak usia dini merangsang sistem kekebalan tubuh untuk melawan perkembangan asma dan alergi lainnya.
Profesor Suresh Mahalingam, seorang ahli virus di Universitas Griffith di Brisbane, mengatakan bahwa ini merupakan area yang penting dari penelitian untuk mempengaruhi 90 persen anak-anak di seluruh dunia.
"Apakah percobaan ini relevansi dengan manusia, belum ditampilkan, upaya ke depan adalah untuk melakukan beberapa studi berbasis populasi untuk melihat apakah ada korelasi antara berkurangnya infeksi RSV terhadap anak yang tinggal bersama anjing peliharaan," sambungnya.



(Sumber: Inilah.com)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger