Thursday, July 5, 2012

Cara keliru atasi Stroke

(Foto : Corbis)
MENUSUK-NUSUKKAN jarum di jari tangan atau telinga dipercaya banyak awam sebagai penanganan yang baik untuk penderita stroke. Namun, ternyata cara tersebut belum terbukti keampuhannya.

"Baru saja semalam pasien saya meninggal akibat stroke yang dideritanya. Dia dan keluarganya pun memiliki kepercayaan serupa, menusuk-nusukkan jarum di badannya. Sudah banyak luka di tubuhnya. Tapi tetap saja, ternyata tak berkhasiat, kan? Sampai saat ini memang belum ada penelitian yang membuktikan efektivitas cara tersebut. Yang pasti, ya melukai pasien," tutur Dr. Eka Harmeiwaty, spesialis syaraf dari RS Harapan Kita di acara jumpa pers PT Bayer Indonesia di Hotel Intercontinental, Jakarta (5/7/2012).

Bahkan, pengobatan dengan cara herbal pun, lanjut Eka, belum ada penelitiannya untuk mengatasi stroke secara optimal. "Sampai saat ini memang masih menggunakan obat-obatan kimia," jelas Eka.

Eka pun berharap masyarakat dapat segera menolong kerabat yang terserang stroke secepat mungkin. "Kembali pertanda gejala utama, lalu ketahui juga apa saja faktor risiko stroke. Jadi, ketika seseorang diyakini stroke, segera ambil tindakan, pelayanan kesehatan terdekat yang lengkap. Tidak perlu nunggu-nunggu," tutupnya.

(Okezone)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger