Monday, July 9, 2012

Penyebab orang tiba-tiba bangun ketika sedang dioperasi

(Foto: thinkstock)
Ketika sedang menjalani operasi, terkadang ditemui kasus seorang pasien yang tiba-tiba tersadar dari pembiusannya. Pembiusan atau anestesi diberikan untuk membuat pasien tidak merasa sakit atau hilang kesadaran sepenuhnya ketika dioperasi. Karena tersadar, pasien bisa merasa depresi dan trauma dengan operasi.

Tersadar setelah pembiusan tidak selalu berarti pasien tersebut sadar 100% saat di tengah-tengah operasi. Biasanya, kasus ini terjadi dalam bentuk pasien bisa mendengar suara, sensasi dan emosi ketika dioperasi, padahal seharusnya pasien tidak dapat.

Beberapa pasien ada yang mengingat kembali rasa sakitnya setelah dioperasi. Ada juga pasien yang kemudian bermimpi setelah mendapat anestesi.

Kasus sadar saat dioperasi ini terjadi pada 1 dari setiap 1.000 orang pasien yang mendapat pembiusan umum. Beberapa pasien ada yang berisiko tinggi dan ada juga yang berisiko lebih rendah.

Pasien yang menjalani operasi besar, terutama operasi darurat dan operasi jantung terbuka lebih tinggi risikonya, yaitu kemungkinannya 1 dari 100 orang pasien.

"Fenomena ini terjadi ketika pasien tidak mendapatkan cukup obat bius. Beberapa kasus lain diakibatkan adanya masalah dengan peralatan, pemberian obat-obatan, atau kesalahan yang dilakukan dokter anestesi," kata Kate Leslie, profesor dari Departemen Farmakologi di University of Melbourne seperti dilansir The Conversation, Senin (9/7/2012).

Kurangnya pembiusan ini juga bisa disebabkan karena pasien terlalu sakit untuk mendapat banyak pembiusan. Obat anestesi umum menyebabkan tekanan darah rendah dan memperlambat denyut jantung.

Pada pasien yang mengalami pendarahan atau mengidap gagal jantung, pembiusan umum ini justru dapat menjadi masalah.

Penelitian telah menemukan bahwa wanita lebih cepat tersadar dari pembiusan setelah menjalani operasi dibandingkan laki-laki. Mungkin inilah sebabnya wanita lebih mungkin mengalami kejadian sadar ketika dioperasi.

(detik.com)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger