Saturday, July 14, 2012

Singapura Tidak Pusing Soal Jumlah Gol

Wajib meraih kemenangan di laga terakhir kualifikasi Piala Asia U-22 2013 Grup E menghadapi tuan rumah Indonesia dengan marjin gol yang cukup besar menjadi satu-satunya opsi bagi Singapura untuk menjaga peluangnya lolos ke putaran final. Namun, The Young Lions mengaku tidak terlalu memikirkan jumlah gol yang bakal dicetaknya ke gawang Garuda Muda.

Pelatih Mike Wong Mun Heng justru lebih memikirkan bagaimana strategi permainannya bisa berjalan dengan baik di pertandingan itu. "Perhatian saya lebih kepada bagaimana cara bermain melawan Indonesia, bukan berapa banyak mencetak gol," kata pelatih Timnas Singapura itu usai latihan di lapangan sepakbola Chevron, Pekanbaru, Sabtu (14/7) siang.

Dengan lebih fokus kepada bagaimana cara bermain, Mike berhadap para pemainnya bisa menjalankan instruksi sesuai harapan. "Saya berharap pemain menjalankan istruksi," ujarnya. Menurutnya, laga ini merupakan pertandingan berat karena Indonesia merupakan tim bagus. Soal pemain Indonesia yang dinilai berbahaya, Mike menilai Andik Vermansyah, Rasyid, dan Hendra Adi Bayauw. "Pemain nomor 10, 14, dan 9 pemain bagus," ujarnya.

Sementara itu, kapten tim Muhammad Al-Qaasimy bin Abdul mengatakan rekan-rekan setimnya berada dalam kondisi yang baik dan siap tempur. Al-Qaasimy bin Abdul berharap ia dan rekan-rekannya dapat dengan baik menjalankan instruksi pelatih.

Ditanya soal apakah ia berharap Australia kalah dari Jepang di pertandingan besok karena akan berpengaruh pada posisi klasemen Singapura, Al-Qaasimy bin Abdul mengaku tidak memikirkan hasilnya. "Kami tidak memikirkan hasil pertandingan antara Australia melawan Jepang. Kami akan fokus terhadap pertandingan melawan Indonesia," tegasnya.

Jelang laga krusial tersebut, Singapura diuntungkan dengan jadwal pertandingan, dimana Australia bakal bertemu lebih dulu dengan Jepang—yang sudah dipastikan lolos—di Stadion Kaharudin Nasution. Andai hasil partai kedua tim imbang, maka Australia dipastikan lolos. Singapura tidak mungkin meraih posisi runner-up Grup E.

Sebaliknya, jika Australia kalah, maka Singapura berpeluang meraih posisi runner-up dengan syarat mengalahkan Indonesia. Jumlah gol yang dibutuhkan Singapura tergantung dari berapa banyak gawang Australia kebobolan. Jika Australia hanya kalah 0-1, maka Singapura wajib menang dengan selisih minimal dua gol. Sebab, dengan head-to-head yang sama (Australia dan Singapura bermain imbang 0-0, 10 Juli lalu) dan selisih gol yang sama (plus 4 gol), Singapura lebih produktif.

Singapura pun tak pantas patah arang jika Australia dipastikan lolos. Al-Qaasimy bin Abdul masih berpeluang meraih peringkat ketiga terbaik grup. Syaratnya, ya itu tadi, meraih kemenangan atas Indonesia. Berapa gol? Mengingat Oman sementara menempati posisi peringkat ketiga terbaik dengan jumlah 7 poin dan selisih gol plus 3, maka Singapura (selisih gol plus 2) tentunya harus memiliki selisih gol yang lebih baik.

Untuk itu, sebelum membobol gawang Indonesia, Singapura pun kudu menyimak pertandingan antara dua tim yang berpeluang menjadi juru kunci, Timor Leste dan Macau. Mengingat jumlah poin plus selisih gol Singapura bakal dikurangi dari hasil partai mereka melawan tim juru kunci, maka Al-Qaasimy bin Abdul dkk “wajib” berharap Timor Leste yang bakal menjadi juru kunci. Sebab, jumlah gol kemenangan Singapura dari Timor Leste (2-1) lebih rendah dibanding jumlah gol yang dicetaknya saat menundukkan Macau (3-0).

Dengan kata lain, jika Timor Leste jadi juru kunci, selisih gol Singapura hanya direduksi satu gol. Sebaliknya, jika Macau jadi juru kunci, maka selisih gol Singapura yang dikurangi mencapai tiga gol. Dengan asumsi Australia lolos dan Timor Leste jadi juru kunci, maka melawan Garuda Muda, Singapura membutuhkan kemenangan dengan selisih minimal tiga (3) gol. Dengan mengantongi selisih 4 gol, rapor Singapura lebih baik ketimbang Oman. Sementara, dengan asumsi Makau yang jadi juru kunci, Singapura kudu membobol gawang Indonesia minimal lima (5) gol.



(liputan6)

No comments:

Post a Comment

Recommended Post Slide Out For Blogger